Monday, September 25, 2017

PROJECT ARDUINO SEVSEG CLOCK RTC DS3231 + ALARM DAN SENSOR DHT11

ASSALAMUALIKUM WR WB

BISSMILLAHIRROHMANNIROHIM

Terima kasih atas kunjungan anda ke blog sederhana ini, terlepas dari anda kesasar atau memang sengaja mencari artikel tentang arduino, wk wk wk.....whatever lah.

Postingan ini merupaka lanjutan dari project arduino clock saya yang pernah saya posting di blog ini, kalau anda belum mengunjunginya bisa dilihat DISINI .

Project saya kali ini merupakan pengembangan dari project di link tersebut, dimana saya tambahkan fitur pada jam digital berupa tampilan suhu dan kelembaban, plus ada alarm nya juga. Nah, komplitkan?
Alarmnya sendiri  ada dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai alarm pengingat waktu yang dapat di setting kapan berbunyi, dan alarm berupa suara "beep" yang berbunyi tiap jam ( tiap pergantian jam ) atau istilah lainnya fitur chime ( pada jam tangan digital ). Fitur chime ini akan berbunyi selama 1 menit sebanyak sekitar 5x (kalau tidak salah, saya sendiri belum menghitungnya ).

Skema yang saya gunakan sama dengan skema terdahulu,  dan ditambahkan sensor DHT11 agar jam tersebut dapat menampilkan suhu dan kelembaban.



Bahan bahan yang perlu disiapkan:
- board arduino
- modul RTC, saya menggunakan RTC DS3231
- display 4 digit 7segment commond anoda, ( commond catoda tnggal ubah sketch nya--mudah kok)
- modul DHT11
- buzzer
- resistor 220 ohm ( optional untuk sekat buzer agar suara tidak terlalu keras)
- project board
- kabel jumper
- switch digit ( untuk setting jam atau alarm )

Sketch nya bisa anda dapatkan : DISONO
Sketch tersebut sudah saya modif agar ada fitur chime nya, dan semua digit bisa tampil.

Berikut foto dan videonya:







Special thanks to Nicuflorica @ here for the skecth and good respon, gracias!!!!

NB: untuk download di google drive, silahkan anda request dulu untuk membuka akses ke folder google drive, nanti akan saya buka akses nya, akan ada pemberitahuan dari email anda, atau hubungi no wa di atas.

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr wb
Salam Satu Jiwa 
A R E M A

3 comments:

  1. npmpang berteduh bos sambil baca2 nih ...mantab juga ..posting juga dong mengenai led matrix nya Nicuflorica

    ReplyDelete
  2. Ini masih menyusun project multimode matrix clock mas Haris, tinggal posting, terimakasih atas kunjungan Anda.

    ReplyDelete
  3. oke mas sy tunggu kelanjutanya ya...semoga sukses

    ReplyDelete

LG SLIM 21SL2RD RUSAK BAGIAN HORISONTAL

 Tv LG dengan kerusakan tidak mau start, seperti kurang tegangan. data tv: croma: la76211 hor : c6090 fbt : bsc25-n0329 reg : strw6554a Cek ...