Monday, August 19, 2019

GANTI LAMPU BACKLIGHT MONITOR LG

Assalamualaikum wr wb

Sebagai tambahan dokumen servican, kali ini admin mencoba untuk mengganti backlight monitor merk LG 16 inch. Backlight monitor ini kondisinya patah di soket kabel flatnya dan kabel flat backlightnya pun rusak, sehingga sulit untuk direpair, dan diputuskan untuk mengganti nya dengan modul backlight universal beserta drivernya.
Berikut gambar monitor setelah back cover dilepas:


Monitor LG ini hanya menggunakan satu deret lampu backlight sepanjang 34cm, dihubungkan dengan kabel flat ke board tcon. Bongkar dulu plat casing backlight, posisinya ada dibagian atas. Setelah terlepas, samakan panjang modul backlight universal dengan backlight aslinya. Kalau kepanjangan bisa dipotong per 3 biji led dari ujungnya. Di monitor ini saya memotong 12 biji led.



Setelah panjang Backlight pengganti sesuai, tempatkan lampu backlight pada casingnya dan rakit kembali casing backlight seperti semula. Lanjut ke pemasangan driver universal di board tcon.

Pada driver backlight universal ini ada 4 buah kabel yang harus dipasang:
1. vcc ----- 7- 24 volt
2. ground
3. enable ---- untuk on/off backlight
4. adjustment ----- untuk pangaturan terang/gelap backlight

Pada board tcon, cari pin atau titik yang dibutuhkan driver backlight, dan untungnya ada petunjuk nya di board tcon monitor ini, seperti pada gambar berikut:


Berikut penampakan setelah dipasang backlight universal



Akhirnya monitor bisa digunakan lagi
Alhamdulillah
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr wb
Salam Satu Jiwa
A R E M A

1 comment:

  1. Kang kalo monitor lg muncul dialog adjusment terus solusinya gimana ya?

    ReplyDelete

LG SLIM 21SL2RD RUSAK BAGIAN HORISONTAL

 Tv LG dengan kerusakan tidak mau start, seperti kurang tegangan. data tv: croma: la76211 hor : c6090 fbt : bsc25-n0329 reg : strw6554a Cek ...