Wednesday, August 30, 2017

LG SUPER SLIM 29 INCH BLANKING

Assalamualaikum wr wb

Datang pasien ke meja kerja sebuah tv merk LG model superslim 29 inch yang kata usernya tidak ada gambarnya, tapi suaranya normal.
Berikut no seri nya


Tv coba di hidup kan untuk melihat reaksi nya. Ternyata gambar masih nampak, tapi warna nya agak buram dan nampak seperti terlalu kontras. Selang 5 menit kemudian blank, tapi tabung masih nampak menyala coklat kehitaman. Coba screen di turunkan, raster gambar kembali muncul, tp sangat redup, kalau screen di naikkan lagi, kembali blank.
Kecurigaan pun mengarah ke tabung nya.
Setelah cek ricek mesin, masih normal semua , baik komponen dan suply tegangannya. Menurut teori, kerusakan semacam ini bisa terjadi karena short pin G2 (screen) dan pin G1 pada tabung. Short karena ada kotoran di dalam tabung pada pin tersebut. Hal ini sering terjadi pada tabung model slim. Kalau sudah parah short nya, raster gambar samasekali tidak mau muncul.
Salah satu cara memperbaiki dengan merefresh tabung atau istilah teman teman servis di tembak.
Caranya???
Perhatikan gambar berikut:


* Cari pin G2 (screen) dan G1
* Ambil soket tabung kosongan yang sama dengan soket tv nya dan pasang kabel secukupnya di pin G2 dan G1 di soket kosong tersebut.
* Lepas pcb matrik rgb tv, pasang soket kosongan ke tabung
* Lepas kabel fokus
* Kabel G1 sambung ke ground tabung
* Kabel G2 (screen) dekat kan dengan kabel fokus +/- 0,5cm atau kurang gak apa-apa, asal jangan sampai nempel
* Hidupkan tv , tunggu sampai fbt kerja dan di kabel fokus muncul loncatan listrik ke kabel G2, sebentar saja, asal ada loncatan listrik, segera matikan tv.
* Pasang kembali matrik rgb.


Coba hasilnya, kalau dirasa kurang sempurna, bisa diulangi.
Semoga bermanfaat
Salam satu jiwa
A R E M A












No comments:

Post a Comment

LG SLIM 21SL2RD RUSAK BAGIAN HORISONTAL

 Tv LG dengan kerusakan tidak mau start, seperti kurang tegangan. data tv: croma: la76211 hor : c6090 fbt : bsc25-n0329 reg : strw6554a Cek ...