Sunday, August 6, 2017

PROJECT ARDUINO SCROLLING TEXT MATRIX 8x8

Assalamualaikum wr wb

Ini merupakan projects yang kesekian kali saya coba dengan hasil lumayan bagus, setelah sebelumnya mencoba beberapa projects yang hasilnya kurang memenuhi harapan saya.

Projects ini saya buat berdasarkan artikel dari ayongoprek.com. Hasilnya, saya bisa menampilkan semua karakter secara scrolling di sebuah led matrik 8x8.
Berikut skema yang saya pakai:



Komponennya:
R---220 ohm
Tr--- 9015
Arduino uno
Led matrix 8x8 type 1088BS coloum cathoda
Project board
Kabel jumper.

Skecth bisa di dapat di sini:
https://drive.google.com/file/d/0B9168MC1ha2RZVRTOVMzdGhZbk0/view

Skecth diatas orisinal dari ayongoprek.com, dimana hasil scroling text nya terbalik. Untuk menyiasati nya, saya mengubah hex font nya agar sesuai dengan alur scroling.

Untuk memodif hex font disini:
http://xlr8.at/8x8hexbin/

Hasil skecth setelah modif hex, karakter a - k:
https://drive.google.com/file/d/0B9168MC1ha2Rdm5zYTNXRG44WUU/view?usp=drive_web
Kalau tidak bisa dibuka, coba direname dulu.

Ini video hasilnya:

Poject ini sebagai awal, matrix nya bisa disusun atau disambung max 20 biji ( kata sumbernya) . Bagaimana cara nya?
- Buat 2 buah rangkaian diatas
- hubungkan pin 9 ic no 2 ( yang ada transistor nya ) di rangkaian pertama, ke pin no 14 ic 2 dirangkaian kedua.

Berikut video cascade nya:



Kalau ada mau sharing sharing monggo, kita belajar bersama.

NB: untuk download di google drive, silahkan anda request dulu untuk membuka akses ke folder google drive, nanti akan saya buka akses nya, atau hubungi no wa di atas, terimakasih.

Semoga bermanfaat
Salam satu jiwa
A R E M A

No comments:

Post a Comment

LG SLIM 21SL2RD RUSAK BAGIAN HORISONTAL

 Tv LG dengan kerusakan tidak mau start, seperti kurang tegangan. data tv: croma: la76211 hor : c6090 fbt : bsc25-n0329 reg : strw6554a Cek ...